Puskesmas Purwosari Pantau Penerapan Prokes di SD Muh PK Kottabarat Surakarta

SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menerima kunjungan pengawasan dan pembinaan penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dari UPT Puskesmas Purwosari Surakarta, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan ini untuk memastikan penerapan protokol kesehatan bagi warga satuan pendidikan yang terdiri dari pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik masih terus dilakukan guna mencegah merebaknya kembali penularan Covid-19.
Hasmi Muawanah, salah satu petugas UPT Puskesmas Purwosari mengimbau penerapan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan saat kedatangan dan penjemputan murid, tetapi juga diterapkan selama proses pembelajaran.

Menurut Hasmi, pemberian edukasi, penjelasan, arahan, tindakan, dan contoh yang baik kepada murid merupakan aksi nyata untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.
Sarana dan prasarana yang disiapkan dari pihak sekolah juga dapat menjadi tolak ukur keseriusan pihak sekolah dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan.
“Arahan tentang pemberian vaksin mohon selalu dikomunikasikan kepada orang tua sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19”, imbuhnya.
Salah satu murid kelas V, M. Yahya Bunayya Aqimissholata mempraktikkan di depan kelas gerakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan langkah yang benar dan tepat.
“Aku bangga ditunjuk secara spontan untuk mempraktikkan cara cuci tangan yang benar di depan teman-temanku”, tambahnya.

Di akhir kunjungan, Hasmi Muawanah menekankan pentingnya menjaga jalinan komunikasi yang baik dengan para orang tua.
“Sinergi antara pihak sekolah dengan orang tua murid tetap perlu dilakukan supaya murid selalu terpantau saat berada di lingkungan umum,” pungkasnya. (Nikmah)

WhatsApp