Donat ala Anak SD MUH PK

Outing Class Murid SD Muh PK Kottabarat Praktik Membuat Donat

Mengisi kegiatan setelah Penilaian Akhir Tahun (PAT), sejumlah 133 murid kelas I dan II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan outing class dengan tema “Be Creative and Entrepreneurship” di rumah produksi roti Tom Tom, Banyudono, Boyolali, Rabu (8/6/2022) beberapa waktu yang lalu.

Outing class ini sekaligus menjadi penutup kegiatan kesiswaan pada tahun ajaran 2021/2022. Dalam kegiatan ini, murid diajak menyaksikan dan praktik cara membuat donat dipandu langsung oleh pemilik rumah produksi roti Tom Tom, Aryani Sri Sunarti.

Pada awal kegiatan, Aryani mengenalkan berbagai macam alat dan bahan pembuatan donat.

“Ini namanya apa, anak-anak?” tanya Aryani. “Tepung,” jawab murid dengan serempak dan antusias.

Selanjutnya, Aryani terjun langsung menjelaskan dan mendampingi para murid dalam praktik membuat donat. Di sela-sela penjelasan, sesekali ia menunjuk beberapa murid untuk menjawab pertanyaan. Murid yang berhasil menjawab pertanyaan, langsung diberi hadiah.

“Siapa yang tahu nama alat untuk mencampur bahan adonan?,” tanya Aryani. “Saya, Bu. Itu adalah mixer,” jawab salah satu murid kelas I, Muhammad Rahardiyansah.

Raline Callia Ali, murid kelas I, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan outing class kali ini. “Dulu belajarnya di rumah terus, saya ingin outing class lagi karena bisa belajar membuat donat bersama teman-teman,” ujarnya.

Panitia kegiatan, Yuli Ekowati, menjelaskan tujuan outing class ini selain mengisi jeda PAT juga ingin menumbuhkan semangat kewirausahaan sejak dini.

“Sesuai tema yang kami usung, semoga kegiatan ini bisa memberikan kesan positif bagi murid utamanya melatih mereka berpikir dan bertindak kreatif, sekaligus menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini,” pungkasnya. (Yuli)

WhatsApp