Wisata Sejarah: Meneladani Semangat Pahlawan

Sejumlah 84 siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan wisata sejarah dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Senin (11/11/2019). Dalam wisata sejarah ini siswa mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bakti, Monumen Pers Nasional, dan Perpustakaan Daerah Solo menggunakan armada bus tingkat wisata Mayapada.

Destinasi pertama adalah Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti, Jebres, Solo. Saat tiba di TMP para siswa berbaris rapi dan melakukan hening cipta untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur demi membela bangsa dan negara. Setelah itu mereka mendapatkan penjelasan mengenai profil TMP dan pentingnya meneladani sikap para pahlawan.
“Jasad para pahlawan yang dikebumikan di TMP Kusuma Bhakti berjumlah seribu lebih, luas lahannya 1,7 hektar, dan kelak TMP Kusuma Bhakti akan ditata rapi serta ditambah sejumlah fasilitas taman baca, taman bermain dan berolahraga,” ujar Buchori, salah satu petugas pengelola TMP.

Tujuan wisata sejarah yang kedua, yaitu Monumen Pers Nasional. Siswa dikenalkan dengan fasilitas di museum termasuk ruang multimedia, koran yang bisa dibaca secara gratis, dan koleksi buku yang ada di lantai 2 perpustakaan, ruang baca koran, dan majalah lama yang sudah didigitalisasi, serta beberapa benda mikrofilm yang sudah tidak digunakan lagi.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan di Monumen Pers. Mereka mendapat penjelasan tentang digitalisasi koran, cara mencari folder koran yang terbit pada awal tahun kemerdekaan, dan beberapa koran yang masih menggunakan ejaan lama maupun berbahasa Belanda.

Destinasi ketiga adalah Perpustakaan Daerah Solo. tempat ini siswa mendapat penjelasan beebagai fasilitas yang dimiliki perpustakaan, seperti ruang kreasi anak balita, ruang braile, ruang film 6 dimensi, serta di ruang LIPI Corner untuk menonton film dokumenter ilmiah produksi BIT LIPI.

Wisata sejarah ini bukan sekedar melakukan perjalanan bergembira ria, tetapi ada sisi edukasi yang juga tak kalah pentingnya yaitu, untuk mengenalkan semangat para pahlawan dan karakter bangsa.