Wisata Sejarah Kelas 2 SD MUH. PK Kottabarat Surakarta

Selasa (12/11/2019).

Sebanyak 81 siswa kelas II SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo berkunjung ke monemun pers dan museum keris, Selasa (12/11/2019).
Kegiatan yang diberi nama wisata sejarah ini merupakan program dari claster IPS dan PPKN SD Muhammdiyah PK dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November yang mengusung tema ‘Belajar Sejarah dengan Gembira’. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan tempat-tempat bersejarah pada siswa terutama yang terletak di Kota Solo.

Perjalanan dimulai dengan berkunjung ke Monumen Pers.Siswa dikenalkan dengan sejarah monumen pers melalui video dokumenter. Keseruan semakin membuncah manakala para siswa diajak berkeliling ruangan,melihat segala sisi monumen pers,mulai dari perpustakan yang rapi nan teduh,lalu ruang pamer yang memperlihatkan mesin ketik,majalah dan baju wartawan jaman dahulu serta ruang koran digital.

Perjalanan berlanjut ke musem keris. Museum keris yang terdiri lima lantai ini ternyata sangat megah.Bersama guide dari musem keris,para siswa dikenalkan berbagai bentuk dan nama keris serta cara pembuatan keris.Tak sampai disitu,siswa juga diberi kesempatan memegang tombak. Seorang pemandu dengan runtut pun menerangkan sejarah musem keris serta penggunaan keris. Di akhir kegiatan, siswa disuguhkan video pewayangan serta pembuatan keris dalam ruangan bak bioskop sehingga siswa bisa melepas kepenatan sesaat.
Seru sekali kegiatan wisata sejarah kali ini! Lembar kerja pun siap dikerjakan para siswa sebagai penutup rangkaian kegiatan Wisata Sejarah.
Sumber : @annaazlina