Di Sekolah ini “Pasangan 02” Mendominasi

Usai melaksanakan salat Jumat berjamaah di masjid Kottabarat, sebanyak 88 siswa kelas V SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengikuti kegiatan PilKalas (Pemilihan Ketua Kelas) serentak yang digelar di ruang kelas VA, VB dan VC, Jum’at (26/7/2019).

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PilKalas. Setiap kelas terdapat dua paslon (pasangan calon) ketua dan wakil ketua kelas. Untuk kelas VA paslon 01 atas nama Adnarangga Ikhtiari Wisesa Nugroho dan Maheswari Kayra Az-Zahra, sedangkan paslon 02 atas nama Atthar Ibrahim Aquilla Wibowo dan Maritza Fawnia. Untuk kelas VB paslon 01 atas nama Arkan Danendra dan Divanissa Haniifah, sedangkan untuk paslon 02 Naufal Ar Rafif Istanto dan Aisyah Nasywa Khoirunnisa. Untuk kelas VC paslon 01 atas nama dan Putri Ayu Titi Lestari dan Akma Haidarasyad Arrauf Trisnantara, sedangkan untuk paslon 02 Samudera Makelo Putra Wiguna dan Putri Kirana Larasati Ayuningtyas.

Penetapan paslon sudah dilakukan seminggu sebelumnya saat siswa mengikuti Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) melalui musyawarah mufakat tiap kelas. Kemudian selama seminggu tersebut para paslon diberikan waktu untuk melakukan kampanye penyampaian visi dan misi.

Retno Indriyanti, wali kelas VC menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengkonkretkan pembelajaran tematik pada mupel PPKn secara kontekstual. “Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu mensosialisasikan pemahaman siswa tentang nilai-nilai demokrasi sejak dini sesuai pengamalan sila ke-4 Pancasila,” ujarnya.

Dari hasil rekapitulasi PilKalas diperoleh jumlah suara untuk kelas VA untuk paslon 01 sebanyak 9 suara dan paslon 02 sebanyak 17 suara. Kelas VB untuk paslon 01 sebanyak 6 suara dan paslon 02 sebanyak 24 suara. Kelas VC untuk paslon 01 sebanyak 7 suara dan paslon 02 sebanyak 21 suara.

Salah satu paslon yang memenangi PilKalas, Samudera Makelo Putra Wiguna mengaku terkejut dengan hasil penghitungan suara. Ia memprediksi hanya akan memeroleh 11 suara, tetapi ternyata mampu meraih 21 suara. “Mungkin teman-teman menganggap saya bisa menjadi sahabat yang menyenangkan dan mudah bergaul,” ungkapnya. (arf/humas) @ SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta