Outing Program Class Kelas 2

Selasa (16/4/2018)

Sejumlah 78 siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan outing class di toko buku Togamas, Selasa (16/4/2018). Kegiatan ini bisa dibilang kejutan karena dilaksanakan tanpa sepengetahuan siswa sebelumnya.

Kebetulan hari ini siswa mengikuti pembelajaran olah raga dan kesehatan. Mereka diajak jalan sehat di perkampungan lingkungan sekolahan. Selesai jalan sehat ternyata mereka tidak langsung kembali ke sekolah, tetapi justru mampir ke toko buku Togamas yang tidak terlalu jauh dari sekolahan.

Mereka nampak gelisah dan bertanya-tanya karena memang tidak membawa uang untuk membeli buku. Saat itulah salah satu guru kelas 2, Lusia Wahyu Purbowati menjelaskan bahwa setiap siswa akan diberikan uang sebesar tiga puluh ribu rupiah untuk membeli buku bacaan. “Uang tersebut merupakan sisa dana field trip kalian,” ujar Lusi disambut sorak-sorai siswa.

Di toko buku, siswa bebas memilih buku bacaan yang mereka minati. Selain membeli buku, mereka juga diberi kesempatan untuk membaca buku di toko tersebut, sekaligus sebagai upaya memperkuat budaya literasi yang sudah diterapkan di sekolah. Setelah puas membaca dan memilih-milih buku bacaan yang akan dibeli, mereka mengantre membayar di depan kasir.

Haura Nabil Una Vilanno, salah satu siswa kelas 2 mengaku kaget dan senang dengan outing class hari ini. “Aku senang dapat kejutan dari ustazah dan bisa membeli buku,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Kegiatan outing class ini merupakan bagian dari pembelajaran tematik yang menekankan pada kompetensi spiritual yang ditunjukkan dengan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan. Kompetensi sosial, yaitu antre dengan tertib dan kemauan untuk berbagi. Kemudian kompetensi pengetahuan melalui kegiatan membaca buku. Terakhir adalah kompetensi ketrampilan, yaitu penggunaan uang.
“Uang sisa pembelian buku dimasukkan ke dalam kotak infak masjid Kottabarat”, pungkas Lusi.
(Sumber: Ust. Lusia) @ Toga Mas

Please follow and like us:
Facebook20
YOUTUBE20
INSTAGRAM20