Senangnya Belajar di Taman Jurug

Sejumlah 84 siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo melaksanakan outing class ke taman Satwa Taru Jurug, Selasa (9/4/2019). Di sana para siswa diajak mengamati berbagai jenis binatang.

Mereka mencari informasi tentang nama-nama binatang dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa. Selain itu, para siswa mencari informasi tentang cara berkembang biak binatang yang ditemuinya dan jenis makanannya.

Alasan dipilihnya taman Satwa Taru Jurug karena nenyesuaikan dengan tema yang dipelajari, yaitu tempat-tempat yang disukai saat berwisata. Mereka mayoritas memilih kebun binatang.

Salah satu siswa kelas 2, Arkan sangat antusias melihat berbagai macam binatang secara langsung. “Ust, saya megang langsung kijangnya,” ujarnya. Sedangkan Fawwas tampak senang melihat beruang. “Bahasa Inggrisnya bear,” ucapnya.

Yuli Ekowati, salah satu guru kelas 2 mengungkapkan tujuan diadakan outing class adalah agar siswa bisa belajar dengan suasana baru. “Sekali waktu mereka perlu belajar dalam suasana di luar kelas yang lebih fresh,” pungkasnya.
(Sumber: Yuli Ekowati)