Field Trip Kelas III

Belajar Teknologi Pangan di Kampung Lele"

Sebanyak 87 siswa kelas III SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengikuti program field trip 2 di kampung lele, Boyolali dan kampung dolanan Sidowayah, Klaten ( Kamis, 28/3/2019).
Rombongan bertolak dari SD Muhammadiyah PK pukul tujuh pagi dengan tujuan pertama yaitu kampung lele. Setiba disana, siswa yang sudah dibagi menjadi enam kelompok mendapat arahan dari pemandu kegiatan. Aktivitas siswa di kampung lele terbagi menjadi tiga macam, yaitu memberi makan lele, melihat pengolahan lele menjadi keripik lele, abon, bakso bahkan nugget serta praktek membeli hasil olahan lele. Tak hanya itu, para siswa juga disuguhkan makanan hasil olahan lele secara gratis untuk dicicipi. Kegiatan di kampung lele ini merupakan bagian dari pembelajaran Tema 7 yaitu “Perkembangan Teknologi Pangan”. Teknologi pangan sendiri adalah mengolah makanan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga harapannya adalah para siswa mengetahui berbagai makanan hasil dari teknologi pangan serta menumbuhkan jiwa berpikir dan berinovasi pada diri siswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap makanan.
Kegiatan field trip diakhiri dengan refreshing di kampung dolanan Sidowayah. Siswa dikenalkan dengan berbagai macam permainan tradisional yang mungkin sudah mereka lupakan karena hadirnya gagdeg. Banyak sekali wahana permainan tradisional di sini, mulai dari engklek, bermain ketinggian, sumpit bola, tarik tambang, susur sungai, bahkan tubing. Para siswa penuh keceriaan mengikuti segala permainan di kampung dolanan. Keseruan, kekompakan dan kebersamaan terjalin dalam setiap permainan. Kegiatan di Sidowayah diakhiri dengan mandi yang dilanjutkan dengan makan bersama. @ Kampung Dolanan Sidowayah

WhatsApp