PARENTING PROGRAM Kelas III

"Perkembangan Teknologi di Zaman Now"

Sebanyak 87 siswa kelas III SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengikuti kegiatan parenting program di kelas masing-masing dengan menghadirkan pembicara yaitu wali murid dari kelas 3A, 3B dan 3C. Kegiatan ini mengusung tema yaitu “Perkembangan Teknologi” yang sesuai dengan buku Tema 7, Sabtu (23/3/2019).
Konsep kegiatan parenting ini adalah setiap wali murid mengajar di tiga kelas secara bergantian selama kurang lebih tiga puluh menit sesuai dengan bidangnya. Akhmad Agus Rifa’i, beliau adalah wali murid dari ananda Izzy kelas 3B. Beliau memberikan materi tentang perkembangan teknologi informasi karena kesehariannya bekerja di Telkomsel. Anak-anak belajar tentang bagaimana proses sinyal itu bisa diterima dan terhubung dari satu ponsel ke ponsel lainnya serta mengetahui perkembangan alat komunikasi dari yang masih tradisional menjadi modern dan canggih seperti saat ini. Anak-anak sangat antusias sekali karena dalam penyampaiannya diselingi dengan berbagai macam video yang terkait dengan teknologi informasi.
Tidak hanya itu, para murid juga belajar teknologi pangan bersama dengan Muhammad Soim Budi Santosa, beliau adalah wali murid dari ananda Raisa 3C. Bapak Soim memberikan materi tentang perkembangan teknologi pangan dengan membawa contoh tanaman padi dan beras. Adapun keseharian beliau adalah bekerja di PT Tiga Pilar yang memproduksi beras ‘Maknyus’. Bapak Soim menyuguhkan pembelajaran yang santai dengan gayanya yang kocak sambil meperagakan cara pak tani mencangkul, sesekali pembelajaran diselingi canda tawa anak-anak. Sedangkan teknologi transportasi disampaikan oleh Edi Suryanto wali murid dari ananda Zahra 3A. Beliau bekerja di PT KAI. Beliau memaparkan tentang kereta api dan berbagai macam model kereta api. Para siswa sangat antusias saat ditunjukkan beragam bentuk kereta api.
Tujuan diadakannya kegiatan parenting ini adalah agar siswa mempunyai wawasan yang lebih di dunia teknologi baik dari segi informasi, pangan dan transportasi dengan belajar langsung dari orang-orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut. ~ust Ana @ SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta

Please follow and like us:
Facebook20
YOUTUBE20
INSTAGRAM20