Field Trip 2.0

Field Trip 2 Kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

*Belajar Benda Tiga Dimensi dengan Membuat Gerabah*

Sejumlah 85 siswa dan 7 guru pendamping kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta melaksanakan field trip di Desa Pager Jurang, Bayat, Klaten, Selasa (19/3/2019).

Kegiatan tersebut merupakan aplikasi pembelajaran tematik muatan pelajaran SBdP tentang bahan alam, serta pengenalan tentang karya tiga dimensi.

Para siswa diajak praktik langsung membuat kerajinan gerabah dari bahan alam, yaitu tanah liat. Mereka dijelaskan berbagai macam bentuk benda yang bisa dibuat dari tanah liat.

Salah satu siswa kelas II, Syasa mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Ia mendapat pengalaman baru dan tidak takut untuk kotor-kotoran. “Aku bisa membuat bunga dari tanah liat,” ungkapnya.

Yuli Ekowati, salah satu guru pendamping menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah siswa mengetahui karya seni tiga dimensi melalui praktik membuat langsung karya seni dari tanah liat.
“Melalui kegiatan ini, siswa bisa mengkonfirmasi langsung materi yang didapatkan saat pembelajaran di kelas dengan kenyataan”, pungkasnya.

Sumber: Yuli Ekowati, S. Pd. @ Desa Bayat

Please follow and like us:
Facebook20
YOUTUBE20
INSTAGRAM20