Market Day SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta

MELATIH KEJUJURAN MELALUI MARKET DAY

Siswa – siswi SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Market Day Rabu (13/3/2019) di hall sekolah. Kegiatan ini untuk mengisi jeda setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 tahun 2019. Market day juga merupakan bentuk implementasi hadits rasulullah, “Pedagang yang Jujur dan Terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang – orang shiddiq dan para syuhada”.
Para Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok penjual dan kelompok pembeli. Kelompok penjual terdiri dari kelas 3, 4, dan 5 sedangkan kelompok pembeli terdiri dari kelas 1, 2, dan 6. Barang yang diperjual belikan meliputi aneka kuliner, aneka minuman, alat tulis dan souvenir. Harga maksimal barang yang diperjual belikan maksimal Rp 10.000. Kelompok pembeli masing – masing diberikan nota pembelian barang sehingga mereka dapat menuliskan barang yang dibeli dan uang yang harus dibayarkan. Nota pembelian barang juga berfungsi untuk mengecek kejujuran antara pembeli dan penjual agar tidak terjadi selisih harga yang banyak.
Kejujuran dan manajemen uang merupakan hal yang menjadi fokus kegiatan market day di semester ini, karena hal tersebut adalah salah satu tantangan generasi milenial ke depan. Membekali dengan kejujuran dan manajemen menjadi bagian yang akan diperlukan untuk menyongsong generasi emas di masa yang akan datang.