Pembelajaran Matematika Berbasis Double Loop Learning

Siswa kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta melakukan kegiatan diskusi bersama kelompok untuk mengidentifikasi unsur bangun ruang balok. (Merupakan bagian tahap kegaitan inti dalam pembelajaran berbasis dooble loop learning).

Pengelolaan pembelajaran matematika berbasis double loop learning yaitu berpusat pada peserta didik, melalui tiga tahap pendahuluan (kondisioning, apersepsi, motivasi, dan penyampain tujuan serta proses pembelajaran), kegiatan inti (mengintegrasikan pendekatan ilmiah, strategi, metode, dan media pembelajaran), dan penutup ( refleksi, simpulan, postes, dan tindak lanjut).

Secara garis besar tujuan double loop learning yaitu 1) menciptakan keharmonisan hubungan kerja antara guru dan peserta didik, 2) Menciptakan kemampuan memecahkan persoalan pembelajaran matematika secara terbuka, 3) menciptakan keterbukaan dalam berkomunikasi, dan 4) menciptakan semangat kerja peserta didik dan kemampuan mengendalikan diri.

Dengan penerapan pembelajaran matematika berbasis double loop learning merupakan alternatif solusi untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas.

WhatsApp