Pengalaman Belajar Menggunakan Alat Ukur Baku

Belajar berdasarkan pengalaman sangat baik untuk kelas bawah. Hal ini dimaksudkan siswa bisa langsung praktik, merasakan, dan mengalami apa yang sedang dipelajari.

Siswa kelas 2C SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta diajak praktik langsung mengukur panjang sebuah benda yang ada di sekitar lingkungan kelas, Kamis (10/1/2019)

Siswa sangat antusias mengikutinya. Kerja sama antaranggota kelompok sangat dinamis. Tukar pendapat silih berganti. Ada yang mengukur panjang benda, ada yang mencatat hasil ukur, ada juga yang mencari benda untuk diukur.

Pembelajaran seperti ini juga bisa untuk mengantisipasi kebosanan siswa. Belajar tidak selamanya harus duduk manis. Kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar siswa dapat mengetahui jenis-jenis alat ukur baku dan cara menggunakannya.

Pembelajaran dilakukan secara kelompok agar siswa bisa berinteraksi dan berani mengemukakan pendapat. Harapannya setelah pembelajaran siswa dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan dan paham tentang alat ukur baku dan bisa kerja sama dengan orang lain.

5/5